Adzan Genre Trance Anime Ini Hebohkan Umat Muslim

Kabar menghebohkan bagi umat Muslim di dunia maya baru-baru ini tiba dari sebuah anime. Pasalnya, sebuah anime bertajuk Noragami Aragoto belakangan diketahui jika sebuah musik latar atau background music (BGM) di salah satu episodenya terdengar seolah-olah bunyi adzan.

Kabar menghebohkan bagi umat Muslim di dunia maya gres Adzan Genre Trance Anime Ini Hebohkan Umat Muslim

Musik latar berjudul Push Buttons 6 yang mengundang kontroversi itu, awalnya dibuka dengan iringan distorsi gitar bernuansa metal. Setelah itu, ketukan dan iringan ala musik trance (disko) pun menyusul kemudian. Barulah kemudian bunyi vokal yang melantunkan kumandang azan diperdengarkan.

Jika mendengar lagunya dalam versi utuh, vokal tersebut benar-benar melantunkan kumandang azan dari awal sampai akhir, sementara alunan musik elektronik terus mengiringinya. Meskipun menuai kontroversi, namun perlu diketahui siapa bahwasanya sosok yang bertanggung jawab dalam membuat musik latar yang kontroversial ini.

Ia ialah Taku Iwasaki seorang komposer sekaligus penata musik lagu-lagu anime, game, dan film. Iwasaki lahir pada 21 Januari 1968 di Tokyo dan merupakan salah satu lulusan Tokyo National University jurusan Seni Rupa dan Musik di tahun 1992. Selama berguru di sana, ia dianugerahi Penghargaan Pendatang Baru dari Japan Society for Contemporary Music.

Banyak umat Islam di dunia maya yang menyayangkan keberadaan musik latar ini sebagai pengiring episode keenam Noragami Aragoto. Apalagi di dalam animenya, musik ini dijadikan pengiring adegan pertempuran yang tak ada kaitannya dengan aliran agama Islam.

Noragami Aragoto mengudara semenjak Oktober 2015. Anime yang sudah memasuki isu terkini kedua ini diubahsuaikan dari manga Noragami karya Adachitoka yang terbit semenjak 2010 lalu. Kisah dalam animenye bercerita wacana siswi Sekolah Menengan Atas yang terjun ke dunia para ilahi sehabis mengalami kecelakaan dan bertemu laki-laki misterius.