Beberapa Khasiat Umbi Gembili

Pada jaman dahulu, umbi-umbian ditempatkan sebagai materi pangan sehari-hari, yang berkedudukan sama dengan beras. Namun demikian, sehabis produksi padi melimpah ( sebelum krisis ekonomi ), dan beras menjadi tolok ukur kesejahteraan, masyarakat mulai meninggalkan konsumsi umbi-umbian. Sekarang aneka sumber pangan umbi-umbian dan biji-bijian lokal tinggal dalam jumlah kecil dan terbatas.

umbian ditempatkan sebagai materi pangan sehari Beberapa Khasiat Umbi GembiliUmbi-umbian sebagai masakan yang mempunyai kandungan serat tinggi sangat diharapkan oleh manusia. Beberapa penyakit degeneratif berkembang pada masyarakat sekarang, khususnya di perkotaan akhir teladan makan yang kuang sehat, antara lain kekurangan serat. Makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak serta tercampur dengan banyak sekali materi kimiawi dicurigai sebagai alasannya yakni timbulnya sejumlah duduk perkara kesehatan.

Gembili umbi-umbian yang satu ini memang sulit dicari. Penanamannya masih luas di pedesaan walaupun juga sudah terancam kelestariannya. Memang banyak orang yang menganggap gembili yakni masakan rakyat jelata. Rasanya yang pahit menciptakan orang tidak suka. Padahal khasiat yang terkandung di dalamnya sangat banyak, banyak sekali penelitian pun dilakukan untuk mengetahui apa khasiat yang terkandung di dalam gembili tersebut. Kali ini kita akan mengetahui komponen kimia yang ada pada gembili, yaitu : air lalu karbohidrat. Karbohidrat pada gembili tersusun atas gula, amilosa, dan amilopektin. Komponen gula tersusun atas glukosa, fruktosa, dan sukrosa sehingga menimbulkan rasa manis. Protein pada gembili tersusun atas asam amino yang jumlahnya rendah yaitu asam amino belerang (metionin dan sistein), lisin , tirosin dan triptofan , sedangkan asam amino yang lain jumlahnya besar. Berbagai penelitian juga mengatakan bahwa gembili menghasilkan zat glucomannan yang menyatu dengan protein. Zat tersebut bisa menurunkan LDL (kolesterol jahat) yang ada dalam badan dan bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang diharapkan oleh tubuh. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya pun baik dikonsumsi untuk kesehatan.