Binatang Bertaring Ini Diburu Warga Paliyan Gunungkidul Untuk Dikonsumsi

Kelelawar merupakan mamalia yang menakjubkan dari ordo Chiroptera. Sayap mereka merupakan modifikasi dari kaki depan sehingga mereka sanggup terbang. Kebanyakan jenis mamalia ini yakni insectivores atau hidup dari memangsa serangga sementara sebagiannya lagi yakni frugivores atau hidup dengan memakan buah-buahan dan hanya sedikit spesies kelelawar pemakan daging atau carnivora. Kelelawar juga berperan penting dalam ekologi, menyerupai membantu dakan menyerbukkan bunga dan dalam penyebaran benih. Sehingga banyak tanaman tropis sangat bergantung pada satwa ini.

Habitat kelelawar berada di goa-goa, batu-batu karang, pohon-pohonan, dan dialam terbuka. Kelelawar juga bahagia hidup di lingkungan manusia, menyerupai rumah-rumah bau tanah dan ditinggalkan penghuninya atau di loteng2 rumah yang di tempati manusia.

Kelelawar merupakan mamalia yang menakjubkan dari ordo Chiroptera Binatang Bertaring Ini Diburu Warga Paliyan Gunungkidul Untuk Dikonsumsi

Warga Paliyan Berburu Kelelawar

Kelelawar dianggap mamalia yang menyeramkan bahkan menjijikan bagi beberapa orang. Namun tidak bagi Parmin, seorang pemburu kelelawar di Goa Ngeleng yang terletak di Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan. Kelelawar ini justru menjadi sumber rezeki baginya yang menambah penghasilannya.

Puluhan ribu kelelawar yang menghuni Goa Ngeleng setiap harinya keluar masuk goa. Parmin warga Desa Giring, Kecamatan Paliyan bersama 5 orang temannya berburu kelelawar setiap hari.

Kelelawar merupakan mamalia yang menakjubkan dari ordo Chiroptera Binatang Bertaring Ini Diburu Warga Paliyan Gunungkidul Untuk Dikonsumsi

“Kami biasanya mulai persiapan jam 16.00 WIB untuk memasang jaring dan biasanya kelelawar mulai keluar jam 18.00 WIB,”

Setiap harinya sekitar ratusan kelalawar didapatkan. Kemudian sebagian dikonsumsi sendiri, sisanya dijual kepada orang yang membutuhkan dengan harga Rp 500,- per ekornya. Namun beda lagi sesudah kelelawar diolah menjadi masakan siap jual.

“Ya cukup lah untuk nambah penghasilan, walaupun tidak banyak tapi cukup untuk menambah pemasukan,” tambahnya.

Ramainya seruan dari konsumen dikarenakan alasannya yakni olahan kelelawar tergolong masakan unik, olahan ini juga dipercaya sebagai obat.

Supatman, konsumen yang memesan olahan ini mengaku membeli kelelawar untuk dijadikan obat. “Dengen-denger kelelawar sanggup jadi obat asma,” jelasnya.