Kedungmiri, Imogiri Meriah Dengan Pameran Sewu Kitiran

Akhir pekan kemudian (Sabtu-Minggu/14-15 November 2015) telah diadakan program yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan, sebuah program hiburan unik di Bantul sisi timur tepatnya di Dusun Sompok dan Kedungmiri, Sriharjo, Imogiri, Bantul. Festival Sewu Kitiran (seribu kitiran/baling-baling) kembali digelar di dusun ini.

Event yang diprakarsai Sekolah Vokasi UGM (Diploma Bahasa Perancis) bersama warga Sompok dan Kedungmiri ini didukung oleh Dinas Pariwisata DIY. Event ini sangat unik dan khas, di samping sebagai ajang kreasi serta pemberdayaan masyarakat. Karena itu Dinas Pariwisata DIY sangat mendukung alasannya yaitu kawasan yang diapit dua tebing tersebut begitu indah serta layak dikunjungi wisata atau dapat dijadikan sebagai destinasi wisata baru.

 telah diadakan program yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan Kedungmiri, Imogiri Meriah Dengan Festival Sewu Kitiran

Kemeriahan Festival Sewu Kitiran

Dalam event tersebut, kitiran-kitiran tersebut dipajang di aneka macam tempat dan akan dinilai dari sisi artistiknya. Geografisnya sangat mendukung sehingga kitiran tersebut sangat stabil berputar tertiup angin dan mengeluarkan aneka macam bunyi-bunyian.

Tak hanya kitiran saja yang dilombakan, namun juga ada lomba Masak Thiwul dan lomba foto. Event ini juga akan ditampilkan aneka macam atraksi kesenian tradisional yakni Ketoprak, Gejok Lesung, Jathilan maupun karawitan. Untuk keperluan pentas juga telah dibangun panggung terbuka seluas 600 meter persegi yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi siapa saja yang akan pentas di sana.

Event ‘Sewu Kitiran’ sendiri akan dimulai pada Sabtu (14/11) yang diawali dengan Bazar Desa pada pukul 13.00. Sementara pembukaan gres berlangsung pada Sabtu malam pukul 19.00. Pada Minggu (15/11), lokasi ‘Sewu Kitiran’ dilewati oleh sekitar 700 penerima Jogja International Heritage Walk ( JIHW) yang berasal dari 19 negara.