Kreasi Tps Unik, Langkah Sempurna Tekan Golput

Hari ini, Pilkada Serentak 2015 resmi dilaksanakan. Pilkada ini akan diikuti oleh setidaknya 100 juta pemilih di Indonesia. Beragam cara menarik minat masyarakat biar berpartisipasi dilakukan. Salah satunya, dengan mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang unik. Baik dari akomodasi yang disediakan, panitia TPS dengan pakaian unik, maupun suasana TPS yang lain dari yang lain.

 Pilkada ini akan diikuti oleh setidaknya  Kreasi TPS Unik, Langkah Tepat Tekan Golput

Petugas KPPS di TPS 19 RW 04 Pondok Wage Indah 1, Sidoarjo lain lagi. Mereka kompak mengenakan pakaian wayang orang. Tak hanya itu, mereka bahkan menggelar fragmen “Srikandi Labuh Negoro” yang menggambarkan pentingnya bunyi pemilih untuk kemajuan daerahnya.

Di Takerharjo, Solokuro, petugas TPS mengenakan pakaian ala koki. Tak lupa, TPS dihiasi dengan buah-buahan serta sayur-mayur biar tema koki lebih kentara.

Sementara di tempat Solo dan Surakarta, sebuah bus berukuran tanggung dijadikan bilik pemungutan suara. Karena berada di dalam bus, suasana pencoblosan pun terasa nyaman dan tenang.

TPS 2 RW 1 Kelurahan Kandri, Semarang, misalnya. Para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)-nya sengaja mengenakan seragam dan perlengkapan arung riam untuk menarik perhatian warga.

Mungkin petugas KPPS-nya penggila bola. Di TPS Kebonsari, Surabaya, TPS-nya berhiaskan atribut bola. KPPS-nya juga menggunakan jersey bola.

TPS 01 Kelurahan Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah tak mau kalah. Motor-motor klasik dipajang untuk menyambut warga yang tiba untuk mencoblos.

Sementara di TPS 9 Kompleks Rose Garden Rumah susun Sukaramai, Medan, warga dimanjakan dengan agresi barongsai.

Lebih lanjut, Pemerintahan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Pilkada Serentak 2015 ini akan memperlihatkan hadiah kepada TPS di kota Balikpapan yang dinilai unik dan mencatatkan partisipasi pemilih yang tinggi.