Kurangi Macet, Bandung Bangkit Ruas Jalan Tol 20 Km

Guna mengatasi kemacetan di pintu keluar tol Pasteur, pemkot Bandung akan membangun ruas jalan tol dalam kota sepanjang 20 km yang ditargetkan sanggup dimulai awal tahun depan. Oleh alasannya yakni itu, kemungkinan besar jalan tol ini gres bisa beroperasi pada 2019 mendatang.

Guna mengatasi kemacetan di pintu keluar tol Pasteur Kurangi Macet, Bandung Bangun Ruas Jalan Tol 20 KM

Agar kemacetan tidak terus terjadi di pintu keluar tersebut, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap para pengguna kendaraan roda empat bisa mencari pintu keluar lain ketika menuju Bandung. Jalan bebas hambatan ini dibutuhkan menjadi pengurai kemacetan di kota kembang tersebut.

Jika proyek ini bisa dimulai pada awal tahun depan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli meminta semoga pengerjaannya dilakukan secara cepat. Jika perlu, pemkot Bandung menambah jumlah kontraktor sehingga pada 2017 jalan tol ini sudah dinikmati oleh warga Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, selama ini pintu keluar tol Pasteur memang menjadi favorit terutama warga Jakarta yang berkunjung ke Bandung lewat jalur tol. Padahal, Bandung telah mempunyai lima pintu keluar yang bisa digunakan.

Selain lima pintu keluar tersebut, ketika ini Bandung juga tengah menyelesaikan pembangunan pintu tol keenam yang terletak di Gedebage dengan impian bisa mengalihkan pengendaran kendaraan beroda empat yang bisa keluar melalui Pasteur.

Dia mengungkapkan alasan dibangunnya pintu tol di Gedebage alasannya yakni nantinya daerah tersebut akan dibangun kota berbasis inovasi. Hal ini juga dibutuhkan menjadi daya tarik bari pelancong yang biasanya berkunjung ke Bandung.

Sebelumnya, Rizal juga menyampaikan bahwa proyek ini gotong royong sudah usang digagas dan telah mendapat pemodal yaitu JAICA. Namun sampai ketika ini belum juga teralisasi karena terkendala pembebasan lahan yang gotong royong dimiliki oleh sejumlah kementerian dan forum (K/L).