Pasar Malam Sekaten Alun Alun Utara Resmi Dibuka, 800 Stan Siap Meriahkan Suasana

Yogyakarta – Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang bertempat di Alun-alun Utara Yogyakarta resmi dibuka, Jumat (4/12/2015). PPMS yang berjalan saban tahun ini mengangkat tema Harmoni Budaya, Religi, dan Ekonomi untuk Jogja yang spesial Namun ada yang berbeda dengan Sekaten kali ini. Jika sebelumnya, PMPS digelar selama 44 hari, tahun ini hanya berlangsung 21 hari saja.

 PPMS yang berjalan saban tahun ini mengangkat tema Harmoni Budaya Pasar Malam Sekaten Alun Alun Utara resmi Dibuka, 800 Stan Siap Meriahkan Suasana

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sambutannya di program pembukaan PMPS di Altar Yogyakarta menyampaikan, pergelaran Sekaten akan berakhir pada 27 Desember 2015 mendatang. Ini mempertimbangkan penawataan tempat titik nol kilometer yang masih berlangsung.

Kemeriahan Pasar Malam Sekaten

Sebanyak 843 stand disediakan dalam sekaten kali ini. Sedangkan hingga sore ini, setidaknya 98 % stand sudah diisi dengan banyak sekali produk makanan, souvenir, pakaian, permainan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Perekonomian dan Pembangunan Pemda spesial Yogyakarta, Didik Purwadi yang mewakili Gubernur DIY untuk secara resmi membuka PMPS kali ini mengungkapkan, pergelaran sekaten yang bertujuan mengangkat potensi ekonomi dan kebudayaan Yogyakarta ini dilaksanakan dalam menyambut peringatan kelahiran nabi Muhammad.

 PPMS yang berjalan saban tahun ini mengangkat tema Harmoni Budaya Pasar Malam Sekaten Alun Alun Utara resmi Dibuka, 800 Stan Siap Meriahkan Suasana

Dengan diawali dikeluarkannya dua perangkat gamelan pusaka dari Keraton Yogyakarta yaitu Kyai Guntur Madu, dan Kyai Nogo Wilogo. Gamelan tersebut akan ditabuh selama 7 hari berturut-turut hingga 11 Maulud malam.