Pelestarian Budaya Warga Tepus Menggelar Upacara Etika Nyadran Di Pantai Watulawang

Dalam rangka pelestarian budaya, ratusan warga Desa Tepus, kecamatan Tepus menggelar ritual nyadran di Pantai Watulawang, Senin (07/12/2015). Kegiatan ini bertujuan supaya segala undangan sanggup dikabulkan.

Salah satu sesepuh, Mbah Sajio mengatakan, kalau kegiatan ini diikuti oleh 7 padukuhan di Desa Tepus yakni, dusun Ngasem, Singkil, Tepus 1,Tepus 2, Tepus 3, Klumpit dan Jeruk. Kegiatan tersebut tradisi kuno masyarakat yang selalu digelar setiap dihari senin kliwon.� Setiap warga diharuskan membawa nasi ingkung ayam jawa satu ekor yang dibungkus memakai anyaman daun kelapa (Sarang) untuk syarat persembehan.

 kecamatan Tepus menggelar ritual nyadran di Pantai Watulawang Pelestarian Budaya Warga Tepus Menggelar Upacara Adat Nyadran Di Pantai Watulawang

Untuk nyadran ini dibagi menjadi dua kuarter, yang pertama dari dusun Ngasem dan Singkil, kuarter kedua dari dusun Tepus 1,Tepus 2, Tepus 3, Klumpit dan Jeruk.

Ia juga menambahkan, tradisi kuno masyarakat ini untuk undangan kepada yang maha kuasa dengan tujuan segala undangan atau permohonan dikabulkan.� Adanya kegiatan ini segala bentuk permohonan supaya sanggup dikabulkan, hasil pertanian khususnya sanggup berlimpah.