Tragedi Jatuhnya Lift Janjkematian Arkadia

Kabar sedih tiba dari PT Nestle Indonesia. Dua karyawannya tewas dalam peristiwa jatuhnya lift di Tower B Gedung Nestle, Perkantoran Hijau Arkadia, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Lift yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan lift khusus karyawan Nestle.

Kabar sedih tiba dari PT Nestle Indonesia Tragedi Jatuhnya Lift Maut Arkadia

Lift tersebut berada di building connector yang menjadi penghubung antara Tower A dan Tower B. Di bawah building connector tersebut, terdapat selasar yang menjadi daerah karyawan beristirahat. Sesaat sebelum kejadian, PT Nestle membenarkan bahwa ada 3 karyawan yang tengah memakai lift tersebut.

Lift tersebut jatuh sebab mengalami putus tali slink. Dentuman dan getaran kencang dirasakan para karyawan yang bekerja di kompleks perkantoran. Seorang karyawan yang bekerja di gedung tersebut mengatakan, kecelakaan terjadi di lantai 7. Lift meluncur tanpa kendali sampai ke lantai 3.

Kejadian itu menewaskan Dyah Setyoningrum dan Ki Agus Roy, sedangkan seorang korban terluka berjulukan Abdul Rahman. Abdul Rahman (20) jadi satu-satunya korban selamat dalam insiden jatuhnya lift di Tower B Gedung Nestle, Perkantoran Hijau Arkadia, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2015).

Abdul Rahman sempat mendapat dukungan pertama di RS Marinir Cilandak kemudian dirujuk ke RS Siloam untuk mendapat perawatan intensif. Ayah Abdul, Toni (55) mengatakan, anaknya mengalami remuk di potongan tulang belakang, serta patah tulang di potongan pergelangan kaki kiri.

Sebanyak enam kabel sling disita polisi dari lokasi jatuhnya lift maut. Gulungan kabel baja untuk menaikkan dan menurunkan lift tersebut dibawa keluar oleh petugas sekitar pukul 18.10 WIB. Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Zaky Nasution mengatakan, dugaan awal kabel tersebut terlepas.

Namun dari olah daerah kejadian masalah (TKP), kabel tersebut terlepas dari main rope. Selain itu, ditemukan juga rem juga tidak berfungsi. Zaky menambahkan, delapan orang telah dimintai keterangannya. Pihaknya juga akan memanggil pihak Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta yang memperlihatkan catatan kepada pengelola gedung semoga melaksanakan perawatan lift tersebut.