Wow Inilah Misteri Puncak Kosakora Gunungkidul, Seindah Apa Sih

Fenomena eksokarst Pegunungan Sewu ratusan tahun silam menyisakan eksotisme bentang alam di Gunungkidul Jogja. Deretan conical hills diikuti jalanan naik turun menuju salah satu wisata di kabupaten paling timur di Jogja ini yaitu buktinya. Anda diharuskan trekking sekitar 2 km dengan medan yang cukup melelahkan untuk menuju daerah wisata yang namanya kondang di kalangan anak muda ini.

Ladang-ladang penduduk yaitu pemandangan awal yang menemani di awal trekking, hingga hingga di sebuah padang rumput yang tidak mengecewakan luas. Sebuah mitos perihal tanah yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar menjadi dongeng di balik papan bertuliskan larangan mendirikan bangunan di padang rumput yang disebut Lemah Sangar ini. Trekking berlanjut hingga di Pantai Ngrumput. Dari pantai pasir putih yang yang ditumbuhi rumput di beberapa sudutnya ini, Nah di situlah lokasi nya berada. Tepat di timur pantai dengan bendera sebagai tandanya.

Fenomena eksokarst Pegunungan Sewu ratusan tahun silam menyisakan eksotisme bentang alam d Wow Inilah Misteri Puncak Kosakora Gunungkidul, Seindah Apa Sih

Tangga curam dari batuan karst dengan tumbuhan pandan bahari (Pandanus odorifer) rimbun di kiri kanannya mengantarkan ke Puncak Kosakora, dataran paling tinggi di bukit yang dulunya disebut Bukit Ngrumput oleh masyarakat Tanjungsari. Semenjak seorang traveller yang tak sengaja singgah menjulukinya Kosakora, ia pun menjadi primadona wisata gres yang tak pernah sepi pengunjung.

Indahnya Puncak Kosakora

Kosakora merupakan puncak bukit yang memperlihatkan keindahan yang sangat menawan. Dari Puncak Kosakora kita sanggup melihat pemandangan perbukitan, pemandangan pantai, sunrise dan sunset diatas Puncak Kosakora.

Fenomena eksokarst Pegunungan Sewu ratusan tahun silam menyisakan eksotisme bentang alam d Wow Inilah Misteri Puncak Kosakora Gunungkidul, Seindah Apa Sih

Puncak Kosakora yaitu hasil fenomena eksokarst lain di Gunungkidul. Sebuah bukit karst yang berada dalam satu garis dengan formasi pantai-pantai anggun Gunungkidul. Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup bahkan Mercusuar Pantai Baron yang jauh di barat pun sanggup terlihat dari bukit yang berketinggian sekitar 50 mdpl ini. Bukit yang dulunya sunyi itu, sekarang menjadi buah bibir banyak orang yang ingin menikmati keindahan panoramanya atau sekedar ingin selfie dengan background landscape pantai selatan dari ketinggian, seolah selfie di savana Kenawa.

Untuk Anda yang mau kemping atau bermalam di Puncak Kosakora, disarankan untuk tidak menciptakan api unggun alasannya yaitu sanggup merusak rumput di sekitar Kosakora. Lebih baik Anda membawa lampu led yang sanggup dicas dari rumah atau membawa sentir supaya tidak meninggalkan sisa-sisa pembakaran. Jangan lupa juga untuk membawa kamera supaya sanggup mengabadikan keindahan hamparan bahari luas dari Puncak Kosakora.